Thursday, March 31, 2011

Sepeda untuk orang gemuk ..............

Sepeda untuk mereka yang kegemukan atau mengalami obesitas seperti harus dipertanyakan. Apakah ada sepeda yang tahan dengan berat berlebih. Apakah sepeda mampu menahan  sampai 100kg, 150kg atau 200kg. Mereka yang memiliki bobot lebih dari 100kg memang membutuhkan sepeda rancangan khusus, minimal frame sepeda harus lebih kuat dari sepeda biasa. Mereka yang kegemukan bisa mengunakan sepeda sebagai sarana olahraga. Dijamin akan lebih cepat kurus dibanding berolahraga biasa seperti fitness dan lainnya.

Mengapa tidak, bila sepeda dijadikan alat transportasi sehari hari sudah pasti berdampak pada lemak di tubuh. Olahraga setiap hari ketika berpergian, tidak terasa seperti berolah raga. Hasilnya bisa di lihat dalam beberapa bulan mendatang.
Contoh saja rekan kami, memiliki berat badan 85kg dengan tinggi 180cm, angka tersebut belum masuk kategori gemuk. Hal mengejutkan, hanya dalam 6 bulan, walaupun bersepeda setiap hari libur saja ditambah pengawasan makan yang sehat. Hasilnya rekan kami berhasil menghilangkan lemak sampai 5kg. Hal tersebut baru disadari bahwa bersepeda cukup efektif dibanding olahraga lain. Penuruan berat badan tersebut juga tidak sengaja diketahui, ketika celana sepeda berukuran L yang dikenakan terus saja melorot dan memperlihatkan bagian CD. Dan rekan rekan lain menertawakan, bo pake celana yang benar. Hah rupanya saya sudah lebih kurus. Tentu bagi mereka yang lebih gemuk harus lebih rutin. Walaupun penurunan berat badan terjadi secara perlahan, hal tersebut akan lebih baik. Dan memberikan jedah waktu bagi kulit dibadan untuk menyesuaikan ketika badan mulai kurus kembali.

Mencari sepeda yang kuat untuk orang gemuk mungkin lebih mudah. Walaupun rata rata sepeda saat ini sudah mengunakan bahan aluminum dan karbon. Mereka yang memiliki berat badan berlebih sebaiknyamencari sepeda yang murah dan berat serta mengunakan komponen besi. Bila perlu mengunakan komponen sepeda jenis onthel dimana komponen sepeda jenis tersebut masih mengunakan besi.

Satu perusahaan dari Amerika merancang khusus untuk orang kegemukan sedang pusing. Sepeda yang dibuat tahan menahan bobot seberat 250kg lebih. Sebuah perusahaan kecil asal Amerika, namanya Super Sized Cycles dimiliki Joan Denizot mengkhususkan diri merancang sepeda dengan beban berat lebih. Sekarang dia sedang bingung, apakah membuat sepedanya sendiri di Amerika atau dibuat oleh perusahaan di Asia saja agar lebih murah.
Sepeda rancangan Super Sized Cycles masih dibuat dalam jumlah terbatas, sudah pasti harganya menjadi lebih mahal bila dibuat di Amerika. Mencapai 2000 dollar untuk satu sepeda, dan termurah mencapai 950 dollar.

Lihat saja sepeda berbahan carbon fibre atau sepeda dengan material karbon yang ringan. Hanya memiliki batas sampai 135kg. Itupun sesuai saran pabrikan, dan tidak boleh digunakan untuk melompat.



Super Sized Cycles dirancang dengan komponen :
  • Frame besi, karena kekuatan besi tidak bisa patah atau retak dan lebih tahan beban berat.
  • Rim dan spoke atau jari jari khusus, untuk menjamin tidak meloet atau patah ketika menerima beban berat
  • Ban juga lebih lebar, khusus mereka yang gemuk harus mengunakan ban berukuran besar agar tidak pecah.
  • Ukuran pedal juga dirancanga khusus, karena kaki orang gemuk lebih besar dan memerlukan ruang pedal lebih lebar
  • Sadel juga lebih lebar, lemak yang menumpuk di bagian pantat harus ditunjang dengan sadel yang lebar.
Beberapa saran dari rekanan Super Sized Cycles menyarankan memindahkan produksinya ke Taiwan agar lebih terjangkau. Dengan produksi diluar Amerika, sepeda Super Sized Cycles dapat dipangkas harganya menjadi 400 dollar. Sebagian pendapat dari kalangan profesional ingin mempertahankan produknya tetap dibuat di Amerika. Sekarang si Joan sedang menampung pendapat dari para ahli bisnis di Amerika, dan meminta pendapat untuk keberadaan sepeda rancangannya. Apakah harus dibuat sendiri di Amerika, atau menyerangkan rancangannya ke pabrikan sepeda di Asia. Semoga solusinya tidak memberatkan bagi mereka yang kelebihan berat badan.

5 comments:

  1. saya masih punya sepeda dengan komponen dari besi, dijamin kuat menopang teman2 yg gemuk... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon info kan harganya berapa beli nya dimana

      Delete
  2. Emmm..kalau untuk orang yg kurus..ada saran nggak

    ReplyDelete
  3. bukan gemuk ....
    tapi perut sama pantat yang lebaarrrrr ........

    ReplyDelete
  4. nyang penting niat..bukan spdnya

    ReplyDelete